Segelas es tebu.

*N : Niko, P : Pedagang

N : Pak, jual es tebu pak?
P : Iya mas, mau beli?
N : Satu gelas berapa harganya pak?
P : Satu gelas 2000 mas
N : Kalau setengah gelas pak?
P: Wah mas ini ada saja, ya 1000 mas
N : Kalau setetes berapa pak?
P : Gratis mas, Jadi beli apa tidak mas, jangan main tebak-tebakan dengan saya (mulai marah)
N : Hem.........
P : Jadi beli apa tidak? (tambah kesal)
N : Jadi pak, tapi setetes, gratis kan pak?
N : tapi tetesin di gelas pak, sampai gelasnya penuh, ha ha ha (sambil lari)
P : Ooo dasar bocah gendeng (ambil sandal)






Minum es cendol sepuasnya

Siang itu panas sekali, Rido sedang mencegat pedagang es cendol yang lewat. Tapi di sakunya cuma ada uang 4000,
"wah cuma satu gelas nih, kurang puas nanti" pikirnya
" Aha... aku ada cara biar bisa puas" sambungnya

Tiba saat pdagang es cendol lewat,
.R : Rido, T : Pedagang.
R : Bang es cendolnya bang
T : Berapa gelas mas?
R : Satu gelas saja bang, berapa?
T : 3000 mas, murah saja
R : Ok bang.

Lalu pedagang es cendol meracik cendol dan menyerahkan kepada Rido :
T : Ini mas es cendolnya.
R : Terima kasih bang.

Lalu setelah hampir setengah gelas habis,
R : Bang boleh tambah airnya, es cendolnya terlalu manis
T : Ini mas
Ditambahin air ke gelas es cendol Rido sampai penuh

Lalu ketika habis setengah lagi,
R : Bang ini cendolnya kurang bang, bisa ditambahin?
T : Bisa mas, ini mas
Ditambahkan cendol oleh pedagang itu, ketika masih 3/4 gelas, Rido komplain,
R : Bang, ini kok es cendonya jadi kurang manis gini, tambahin air gula bang
T : Ini ini, (jawab pedagang mulai kesal)
R : Sama es batunya bang sedikit saja
T : Iya ini

Setelah itu mulai dah diaduk dan diminum oleh Rido segelas es cendol itu sampai habis.
R : Puas dah , segar sekali bang
R : Ini bang uangnya, kembaliannya buat abang saja (menyerahkan uang 4000 rupiah)
T : Lho kok cuma 4000 mas, kurang, seharusnya 6000 mas
R : Memangnya berapa bang, Saya kan cuma minum 1 gelas, satu gelas kan 3000, syukur tadi kembaliannya saya berikan ke abang, seharusnya abang terima kasih.
T : Tapi kan kamu tapi nambah air, cendol, air gula dan es batu, kan itu setara 2 gelas lebih malah.
R : Gelas yang saya pakai berapa?
T : Satu gelas mas.
R : Ya, sudah, benar kan kalau saya cuma minum satu gelas, berarti ya yang saya bayar 1 gelas saja, benar kan bang?
T : Iya, tapi....
R : Sudahlah bang, yang penting saya sudah bayar es cendol saya.
R : Makasih bang (sambil berjalan meninggalkan pedagang es cendol "sesuai rencana & sukses" dalam hati Rido)

Pedagang es cendol masih berdiri bingung, dan diam (ini aku yang bodoh atau gimana, bukannya untung malah buntung, nasib - nasib" gerutu nya dalam hati)




Post a Comment